Thursday, February 5, 2015

Mengatasi Flu dan Batuk Ala Mayo Clinic


Di musim hujan seperti ini, penyakit flu dan batuk kayaknya semakin menjadi yah, tweeps. Sayang banget kan, mau liburan masa sakit?. Tau nggak sih, batuk itu sebenarnya reaksi refleks tubuh, sama halnya seperti bernapas. Batuk adalah cara tubuh melindungi paru-paru. Ketika ada penumpukan partikel atau lendir pada saluran napas, kita akan batuk untuk membersihkan saluran tersebut supaya lebih mudah bernapas. Jadi sebetulnya, sedikit batuk itu normal dan bahkan sehat. Karena itu cara untuk mempertahankan saluran napas agar tetap bersih. Namun, kalau batuknya kuat dan terus menerus, bisa menyebabkan bronkus menyempit sehingga terjadi iritasi dinding saluran napas. Kalau batuk yang kamu alami masih belum terlalu berat, jangan buru-buru pergi ke dokter. Pengobatan batuk bisa dilakukan di rumah lho.

1 Minum banyak cairan. Karena cairan mempertahankan tenggorokan kamu tetap bersih. Minumlah air putih atau jus buah, bukan soda atau kopi.

2 Minum madu. Psst, secangkir teh hangat atau air lemon hangat yang diberi madu ternyata sangat bermanfaat lho. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi madu sebelum tidur dapat mengurangi batuk di malam hari dan memperbaiki kualitas tidur.

3 Tinggikan posisi tempat tidur. Kalau batuk kamu disebabkan penumpukan asam lambung, tidurlah dengan posisi kepala 10-15 cm lebih tinggi. Selain itu, usahakan berhenti makan dan minum 2-3 jam sebelum tidur untuk menghindari adanya penumpukan asam lambung.

4 Yang terakhir dan nggak kalah penting: hindari sirup obat batuk. Hah? Serius, Min? Ya serius laah, ternyata sirup obat batuk yang dijual bebas itu nggak terlalu efektif untuk menghentikan batuk. Jadi, buat apa buang-buang  uang?

Tapi, kalau batuk yang kamu alami berlangsung > 2-3 minggu, atau batuknya disertai demam dan  dahak berdarah, segera hubungi dokter ya. Nah itu tadi tips buat mengobati batuk ringan yang bisa kamu terapkan di rumah. Cukup mudah kan? Untuk solusi masalah kesehatan umum lainnya, baca Kitab Sehat Mayo Clinic deh, insya Allah cukup lengkap.

 

No comments:

Post a Comment