Thursday, February 5, 2015

Festival Songkran (Love Splash)


Love splash mengangkat tema Festival Songkran di Thailand, jadi gak heran kalau para tokohnya sering basah2an karena mereka di festival air. Novel ini juga sedikit bercerita tentang bagaimana seseorang yang buta warna parsial bisa bangkit setelah gagal meraih mimpinya. Baca novel  LoveSplash yang latarnya di Bangkok, bikin pengen ke sana beneran pas Festival Songkran nggak sih, tweeps?. Di Thailand,  FestivalSongkran adalah hari besarnya masyarakat setempat untuk menyambut Tahun Baru yang jatuh pada 13-15 April setiap tahunnya. Festival ini secara maraton berlangsung di sejumlah kota besar di Thailand, tentu saja salah satunya adalah Bangkok. Walaupun sebenarnya perayaan paling besar terjadi di kota Chiang Mai di mana hari libur berlangsung selama 6 hari penuh. Apa yang unik dari perayaan  FestivalSongkran ini? Well, di samping punya makna religius yang besar.  FestivalSongkran bisa juga diartikan sebagai perayaan air yang menakjubkan sekaligus sulit untuk dilupakan. Di samping melibatkan orang lokal yang punya kepentingan penuh dengan festival ini, turis juga punya porsi penting. Mereka diundang untuk ikut berbahagia menyambut putaran hidup yang baru di hitungan tahun yang juga baru. Dalam spektrum religius, banyak orang mengunjungi kuil Buddha dan  memberi makanan pada biarawan yang hidup di kuil tersebut, Atau bisa juga dengan mengunjungi orang yang lebih tua untuk saling menyematkan harapan untuk kehidupan yang lebih baik. Waah, hampir nggak jauh beda ya dengan tradisi silaturahmi di Indonesia kalau lagi hari raya besar keagamaan.

Selama  FestivalSongkran berlangsung, orang-orang tumpah ruah di jalanan bersenjatakan pistol air. Dari anak-anak sampai orangtua dan  bahkan gajah, saling siram atau semprot air ke orang lain walaupun nggak kenal. Jadi, buang jauh-jauh deh tuh segala emosi atau rasa kesal lantaran diguyur sama orang asing. Yang terpenting, selametin barang berharga kamu seperti HP, dompet, atau buku, kalau gak mau gigit jari lantaran semuanya rusak kena air.  
FestivalSongkran ini juga biasanya diselenggarakan pada momen di mana cuaca Thailand sedang panas-panasnya. Main air di bawah matahari yang lagi terik-teriknya, siapa juga yang bisa nolak. Iya nggak?. Karena festival seperti ini nggak ada di Indonesia, tentunya pengalaman merasakan  FestivalSongkran nggak akan terlupakan. Kalau di antara kamu ada yang mau ke Thailand pas  FestivalSongkran, ajak ajak admin yaa? . Sebelum bisa pergi ke  FestivalSongkran betulan, baca  LoveSplash aja dulu. Lumayan mengobati rasa penasaran kamu.

No comments:

Post a Comment