Wednesday, February 4, 2015


Ketika harga bahan bakar naik, otomatis harga barang-barang  lain juga ikutan naik. Termasuk harga buku.  Sobat Noura pasti sering mikir gini. Tapi semahal apapun harga buku, namanya udah cinta dan udah jadi kebutuhan hidup, ya tetep aja dibeli, walau harus puasa jajan. Iya ngga? . Hmmm, yakin semahal apapun bakalan tetep dibeli? Kalau mahalnya kebangetan, ngga kira-kira, apa masih bakal dibeli juga? .  Memangnya harga buku bisa semahal apa sih, Min? Eits, jangan salah. Ada lho buku yang terjual sampai milyaran, ngalahin harga rumah. Hmmm, nggak percaya? Nih, admin kasih tau satu per satu, 7 buku yang terjual dengan harga paling mahal di dunia. Simak tweeps!

1.       The First Book of Urizen adalah salah satu karya utama dan terpenting karya William Blake. Buku ini terjual di Sotheby New York pada tahun 1999 sebesar $2,500,000 (sekitar 31 miliar) kepada seorang kolektor.

2.      The Tales of Beedle the Bard, karya JK Rowling yang hanya dicetak 7 eksemplar saja. Buku ini ditulis tangan dan diilustrasikan oleh JK Rowling sendiri. Enam buku diberikan pada teman-teman & editornya. Tahun 2007, 1 buku dijual di pelelangan dengan harga 49 miliar rupiah. Hasil penjualan disumbangkan pada kampanye amal The Children's Voice.

3.      Geographia Cosmographia, karya Claudius Ptolemy ini adalah atlas dunia yang pertama kali dicetak. Buku ini terjual di Sotheby London pada tahun 2006 sebesar $4.000.000 (sekitar 49 miliar lebih).

4.      Traité des arbres fruitiers [Treatise on Fruit Trees] karya Henri Louis Duhamel du Monceau. Ini adalah buku tentang buah-buahan yang diilustrasikan oleh Pierre Antoine Poiteau & Pierre Jean François Turpin. Terjual seharga 56 miliar.

5.      First Folio karya William Shakespeare ini adalah buku paling berharga yang pernah ditemukan para kolektor . Pada tahun 2001, co-founder Microsoft, Paul Allen, membeli salinan ini seharga $6.166.000 (sekitar 76 miliar lebih).

6.      Birds of America karya James Audubon ini pernah dilelang & terjual seharga $8.802.500 (sekitar 109 miliar lebih). Sepuluh tahun kemudian, buku ini dijual di Sotheby London dengan harga $11.500.000 (sekitar 143 miliar lebih).

7.      Buku yang paling maha di dunia adalah The Codex Leicester karya Leonardo da vinci. Inilah jurnal ilmiah da Vinci yang paling terkenal, naskah 72-halaman yang berisi renungan dengan tulisan tangan sang seniman. Naskah ini pertama dibeli tahun 1717 oleh Thomas Coke, kemudian, pada tahun 1980, dibeli oleh kolektor Armand Hammer. Nah, pada tahun 1994, Bill Gates membeli jurnal ini seharga $30,8 juta (sekitar 384 miliar) di sebuah acara lelang, Luar biasa yaa orang-orang yang berani merogoh kocek dalam dalam hanya untuk membeli buku antik.  Kalau kamu sekaya Bill Gates, apa kamu rela beli buku dengan harga 384 Miliar?

No comments:

Post a Comment