Wednesday, February 4, 2015

Kram Menstruasi


Sobat Noura yang cantik cantik, siapa di sini yang tiap datang bulan selalu mengalami #krammenstruasi? Ugh, ngga enak banget deh pasti. Dalam beberapa kasus, bahkan diikuti dengan mual, muntah, berkeringat, dan  pusing.  Kalau udah gak kuat, malah bisa sampai pingsan. Kram menstruasi  terjadi sebelum atau selama periode menstruasi. Dan tentunya hal ini mempengaruhi mood dan ganggu aktivitas, Bener nggak?

Banyak ahli percaya, #krammenstruasi adalah akibat kontraksi uterus yang hebat, dan mempersempit pembuluh darah yang menyuplai uterus. Tapi biasanya #krammenstruasi akan menghilang seiring bertambahnya usia atau setelah melahirkan. Kalau mau sembuh, cepet nikah gih! Kalau #krammenstruasi-nya udah ngga tertahankan, apa yang sebaiknya dilakukan? Hmm sobat Noura bisa menerapkan pengobatan sederhana kok.

Pertama, gunakan pereda nyeri. Misalnya aspirin, ibuprofen, naproksen, atau parasetamol, bisa digunakan utk meredakan nyeri, tapi ingat, anak perempuan di bawah usia 18 tahun masih belum boleh mengonsumsi aspirin ya.

Kedua, manfaatkan suhu panas. Kamu bisa berendam di bak mandi air hangat atau menggunakan bantalan pemanas di perut bawah.

Ketiga, olahraga. Iya, olahraga! :D Percaya deh, dengan memperbanyak jalan kaki setiap hari, bisa membantu mengurangi.

 Nah, itu tadi 3 langkah mudah untuk mengurangi #krammenstruasi. Tapi kalau nyeri yang kamu rasakan di luar normal, sebaiknya hubungi dokter.

No comments:

Post a Comment