Tuesday, February 3, 2015

Insomnia


Sobat Noura, siapa di sini yang sering mengalami insomnia? Yang sering mengalami insomnia, kalian pengen sembuh nggak? "Ya iyalah, Min. Siapa juga sih yang mau insomnia seumur hidup?. Insomnia bisa dibilang adalah jenis gangguan tidur yang paling umum, mencakup kesulitan tidur atau tetap tertidur. Tau nggak tweeps, lebih dari sepertiga orang dewasa ternyata mengalami  insomnia pada suatu waktu dalam hidup mereka. Sedangkan 10-15% di antaranya mengalami  insomnia jangka panjang (kronis). Apakah kamu salah satu di antaranya?



Bagi penderita  insomnia biasanya mereka bangun di pagi hari dalam keadaan lelah dan tidak bugar, tentunya hal ini berpengaruh pada aktivitas. Apa sih sebetulnya penyebab seseorang menderita insomnia? Apakah insomnia bisa disembuhkan? Penyebab umum  insomnia antara lain: stres, cemas, depresi, kafein, nikotin, alkohol, penggunaan obat tidur jangka panjang, dan  banyak lagi. Lalu, kalau sudah terlanjur menderita  insomnia, bagaimana cara mengatasinya? Tenang tweeps, di buku #KitabSehatMayoClinic ada jawabannya.

1. Olahraga secara teratur, lakukan olahraga minimal 30 menit beberapa hari dlm seminggu. Beri jeda sekitar 5-6 jam sebelum tidur.

2. Jangan menggunakan internet atau membawa pekerjaan ke tempat tidur. Bukannya istirahat, yang ada kamu browsing rauwis-uwis.

3. Mandi air hangat sekitar 1-2 jam sebelum tidur. Selain membuat tubuh lebih rileks, mandi air hangat juga memberi efek menenangkan.

4. Hindari kafein, alkohol, dan  nikotin,  Minum kafein setelah makan siang bisa menghalangi usahamu buat tidur di malam hari.

5. Jangan berusaha keras untuk tidur. Kalau 20 menit setelah berbaring kamu masih belum tidur juga, bangun dari tempat tidur. Kemudian lakukan kegiatan lain yang relatif santai. Misalnya baca buku, sampai kamu mengantuk, baru balik lagi ke tempat tidur.

Kalau banyak cara udah dilakukan tapi masih #insomnia juga, gimana Min? Masih ada beberapa jenis obat herbal yang bisa membantu tweeps.
 
1.  Valerian, sejenis tanaman herbal yang bisa membantu memperbaiki kualitas tidur dan aman digunakan dalam dosis yang dianjurkan. Beberapa orang mungkin akan mengalami efek samping ringan. Tapi valerian ini sebaiknya nggak dikonsumsi oleh ibu hamil ya.
2. Lavender. Penelitian yang dilakukan pada sekelompok wanita menunjukkan bahwa wangi lavender bisa membuat partisipan tertidur. Mungkin karena aromanya yang bikin rileks ya tweeps? Selain itu, lavender juga kan dikenal ampuh menolak nyamuk. Nah, itu tadi beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengatasi insomnia. 
Kalau #insomnia yang kamu alami terlampau parah, mungkin udah waktunya kamu berkunjung ke dokter. Siapa tau dokter mendeteksi adanya gangguan tidur selain  insomnia.  Jangan salah, gangguan tidur ada 60 macam lho, bukan insomnia aja. Selamat mencoba tweeps, dan semoga insomnia yang kamu alami bisa sembuh ya.
 
 
 

No comments:

Post a Comment