Thursday, February 5, 2015

Cara Mengatasi Cantengan


Tweeps, pernah nggak kamu mengalami kondisi super menyebalkan saat kuku tumbuh ke dalam dan mendesak daging lunak di jari?. Kalau orang Sunda, kadang menyebutnya "cantengan". Eh, bener nggak yaa? Hehehe... Kalau di daerah kamu disebutnya apa?. Kadang, saking sakitnya ujung jari kita nyut-nyutan. Bahkan kalau levelnya udah parah banget bisa sampai bengkak bahkan infeksi. Oh NO!!

Apa sih sebenarnya penyebab cantengan? Buat yang belum pernah mengalami, semoga jangan sampai mengalami, simak tweet(s) berikut ini ya.

Penyebab paling umum terjadi  cantengan adalah karena memakai sepatu yang terlalu sempit, hingga mendesak kuku jari. Selain itu cantengan bisa juga karena memotong kuku terlalu pendek. Sehingga saat kuku tumbuh, ia mendesak daging di sekitar kuku, Atau bisa juga, karena memiliki jenis kuku yang tumbuhnya melengkung, tidak normal seperti kuku pada umumnya. Biasanya sih, kondisi seperti ini masih bisa ditangani sendiri. Kalau dibiarkan, jaringan di sekitar jari dan tulang bisa mengalami infeksi.

Kalau udah terlanjur  cantengan, gimana cara mengobatinya, Min?"

Pertama, rendam kaki/tangan dalam air garam hangat. Per setengah liter air, tambahkan 1 sdt garam. Rendam selama 15-20 menit 3 kali sehari. Dengan merendam kaki/tangan yang mengalami #cantengan, akan mengurangi pembengkakan dan  meminimalisir rasa nyeri. Lalu, letakkan sedikit kapas atau benang gigi di celah antara kuku dan jari. Ini membantu supaya kuku bisa tumbuh di atas permukaan kulit. Jangan jorok yah tweeps, kapas atau benang gigi ini harus diganti setiap hari. Lakukan sampai nyeri dan bengkaknya berkurang. Gunakan salep antibiotik dan balutan pada area jari yang nyeri saat ditekan. Atau kalau sakitnya banget banget, bisa gunakan pereda nyeri. Tau kan apa aja pereda nyeri yang dijual bebas? Cari aja yang mengandung ibuprofen, naproksen, atau parasetamol.  Jangan lupa, pilih alas kaki yang cocok. Selama masih  cantengan, lebih baik pakai alas kaki yang ujungnya terbuka, atau sendal sekalian. Kalau punya riwayat diabetes, periksa kondisi jari setiap hari. Karena penderita diabetes rentan mengalami infeksi utk luka kecil sekalipun. Nah, itu tadi langkah langkah sederhana yang bisa kamu lakukan kalau kalau mengalami cantengan. Banyak penyakit yang sebenarnya bisa ditangani sendiri di rumah. Rasa paniklah yang mendorong kita melakukan hal-hal yang memperparah keadaan. Info kesehatan ini diambil dari buku  KitabSehatMayoClinic. Panduan untuk mengatasi 128 keluhan kesehatan sehari-hari.

 

No comments:

Post a Comment